Tingkatkan Penalaran dan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, Prodi PGSD Gelar Sejumlah Pelatihan

Penulis: Pusat Karir

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Kamis, (08/04/2021) sukses menggelar pelatihan karya tulis ilmiah, zotero dan website di tingkat mahasiswa. Kegiatan pelatihan itu, berlangsung selama dua hari yaitu hari Kamis sampai Jumat (08-09/04/2021) di ruang belajar Prodi PGSD. Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan itu, Yetni Marlina, M.Pd, Masayu Gay, M.Pd, Zainurrahman, M.Pd dan Usman Amiruddin, M.Si

Foto Pemateri: Masayu Gay, M.Pd sedang menyampaikan materi pelatihan

Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Munir Latukau, M.Pd saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Program Studi itu sebagai upaya meningkatkan penalaran dan kreativitas mahasiswa. Misalnya, pelatihan karya ilmiah itu akan memberikan manfaat untuk mahasiswa dalam menuang ide dan gagasan secara tulisan ilmiah. Selain itu, kemampuan menulis karya tulis ilmiah mampu menyiapkan diri untuk mahasiswa dalam proses penyelesaian studi yang mana diharuskan membuat karya ilmiah berupa proposal penelitian dan skripsi.

“Kata dia, tujuan pelatihan karya tulis ilmiah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran sesuai standar penulisan karya ilmiah dan memberikan motivasi lebih pada mahasiswa berlatih menuliskan ide-ide kreatif sebagai respon dalam penulisan karya tulis ilmiah”. Paparnya.

Munir juga menambahkan di tahun akademik 2021-2022 Program Studi dipimpinnya akan memberlakukan sistem sitasi Zotero untuk penulisan karya ilmiah mahasiswa. Karena menurutnya aplikasi itu sangat efektif untuk membantu pembuatan sitasi dalam karya ilmiah. Dengan catatan, mengikuti standar Internasional dan gaya sitasi yang berlaku di civitas akademika STKIP Kie Raha”. Tambahnya.

“Sementara itu, Sekretaris Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Suryono Saelangi, S.Pd mengatakan setelah mahasiswa mengikuti pelatihan itu, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam mendesain website sendiri secara profesional. Selain itu, karya tulis ilmiah mahasiswa bisa dipublis di website yang telah dibuat oleh masing-masing mahasiswa sehingga bisa dibaca oleh publik”. Pungkasnya.

Foto Pemateri: Zainurrahman, M.Pd sedang menyampaikan materi

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram