Kiat Menyusun Karya Ilmiah, Prodi Pendidikan Geografi Gelar Pelatihan Zetero Tingkat Mahasiswa

Penulis: Pusat Karir

Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Rabu, 10/02/2021 melaksanakan pelatihan zetero kepada mahasiswa di ruang belajar Prodi Geografi gedung C lantai III. Kegiatan pelatihan itu mengangkat tema Pelatihan Zetero Efektif Untuk Menyusun Karya Ilmiah. Pelatihan itu dipandu langsung oleh Ketua Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Alwi La Masinu, M.T. Peserta yang hadir dalam pelatihan itu mahasiswa Prodi Geografi semester II, IV, VI dan mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi akhir.

Foto Ketua Prodi Geografi STKIP Kie Raha Alwi La Masinu, M.T

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Alwi La Masinu, M.T mengatakan “dalam penulisan karya ilmiah, sumber referensi yang menjadi rujukan adalah suatu keharusan untuk menghindari tingkat kesalahan. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, banyak tersedia alat bantu seperti Zetero dan Mendely yang memudahkan mahasiswa dalam membuat sitasi dan daftar pustaka yang tersedia secara online.

Menurutnya, “Zotero adalah salah satu reference manager yang dapat digunakan secara gratis dan memudahkan mahasiswa untuk mengelola sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan seperti penulisan karya tulis ilmiah, artikel jurnal dan paper. Kata Alwi sebelum kegiatan pelatihan dilakukan, sejumlah mahasiswa diarahkan untuk download beberapa contoh file artikel Jurnal Nasional, Jurnal Internasional serta masing-masing membawa buku cetak. Sebelum kegiatan pelatihan berlangsung, alumni Prodi Geografi itu lebih awal memberikan petunjuk tentang tata cara untuk download aplikasi Zetero dan proses penginstalan aplikasi tersebut melalui Laptop. Selain memberikan petunjuk tentang donwload aplikasi, pada tahap kedua juga di berikan petunjuk tentang sitasi dari beberapa sumber baik secara manual dan otomatis bersifat online”. Jelasnya.

Foto mahasiswa Prodi Geografi

Alwi juga menambahkan “dirinya mengarahkan mahasiswa masing-masing mencoba melakukan pelatihan dalam menjalankan aplikasi Zetero dan membuka lembaran kerja Microsoft office. Hasil dari kegiatan pelatihan itu telah dipahami dengan baik oleh mahasiswa Geografi. Alwi juga berharap dari pelatihan tersebut menjadi kewajiban untuk mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah dan paper menggunkan aplikasi Zetero, agar lebih memudahkan pekerjaan mahasiswa dalam merujuk sumber pustaka”. Harapnya.

Kata dia, “pemberlakuan zetero itu bukan hanya mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi akhir, juga dianjurkan kepada mahasiswa yang masih semester II, IV dan VI dalam menyelesaikan paper yang di berikan oleh pihak dosen. Tujuan menerapkan aplikasi ini agar mahasiswa Prodi Geografi beradaptasi atau menyusuaikan diri dengan perkembangan sekarang”. Tutup Alwi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Visit Us On FacebookVisit Us On Instagram