STKIP KIE RAHA TERNATE

 

UKM- Kurang lebih 60 Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate, Jumat (29/03) kembali melakukan praktikum Mata Kuliah Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS), Hidrologi dan Oseanografi selama tiga hari terhitung hari jumat sampai hari Minggu di Kabupaten Halmahera Barat dan dibimbing lima orang dosen Prodi Pendidikan Geografi.

1. Karman Zein, M.Pd

2. Muh. Ichsan A. Gani, M.Sc

3. Sitti Febriyani Syiko, MT

4. Irwan Abdullah, M.Pd

5. Kartini Ali, M.Sc

Karman Zein, M.Pd dalam rilies via WhatsApp, mengatakan kegiatan praktikum mahasiswa itu dipusatkan di dua Desa dalam hal ini Desa Sidangoli Gam dan Moiso Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat. Lanjut Karman yang Juga koordinator Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Praktikum itu, kegiatan praktikum mahasiswa adalah sebuah tradisi akademik. Karena praktikum merupakan subsistem dari perkuliahan dengan kegiatan yang terstruktur dan terjadwal serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teori yang didapatkan di kampus. Tujuan praktikum ini agar mahasiswa dapat menentukan dan menganalisa debit sungai dengan menggunakan metode curret meter dan metode pelampung. Selain itu mahasiswa pun dapat mengenal alat-alat yang digunakan dalam mengukur debit air dan kualitas air berdasarkan parameter fisik, kimia, dan biologi. “Pungkasnya”.

Sedangkan Menurut Sekretaris Prodi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate Irwan Abdullah, M.Pd saat dikonfirmasi, kegiatan praktikum mata kuliah sudah menjadi kegiatan rutin Program Studi Pendidikan Geografi. Sebab, hampir separuh dari total mata kuliah yang tersebar di dalam kurikulum Prodi Pendidikan Geografi berkaitan langsung dengan praktikum. “Jadi, mahasiswa selain mendapatkan pengetahuan di dalam kelas juga dituntut melakukan praktikum di lapangan”. Tutupnya.

Publikasi dokumentasi kegiatan praktikum mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *